Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Organ Hati Bayi Kembar Siam Menyatu, Namun Ada Kemungkinan Bisa Dipisahkan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Desember 2020 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Organ hati bayi kembar siam Muhammad Ibrahim dan Muhammad Abdullah diketahui menyatu. Hal tersebut berdasarkan pengecekan dr Mahrus A Rahman, spesialis anak anggota Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSUD dr Soetomo Surabaya terhadap bayi kembar siam itu di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Rabu, 23 Desember 2020.

"Tadi dari pemeriksaan USG terlihat organ hati dua bayi tersebut menyatu. Kami ukur bagian yang menyambung tersebut lebarnya 4 cm," jelas Mahrus A Rahman.

Namun, kondisi tersebut bukanlah permasalahan utama, lantaran beberapa kali pengalaman Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu mereka berhasil memisahkan bayi kembar siam yang organ hatinya menempel.

"Tentunya untuk menentukan ukuran bagian hati yang menempel, kita masih menunggu hasil CT Scan yang juga dilakukan tadi," jelas Mahrus A Rahman.

Dia menjelaskan, dari pantauan pemeriksaan sementara menggunakan USG, untuk organ bagian dalam dari bayi kembar siam itu semuanya normal.

"Contohnya, bagian usus terpisah. Demikian juga organ dalam tubuh lainnya. Kita tunggu hasil yang lebih detail dari CT Scan," jelas Mahrus A Rahman. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru