Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dosen: Peran Pemuda Terhadap Politik Cukup Besar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 Desember 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peran pemuda terhadap perpolitikan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dinilai cukup besar. Terutama dalam memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat di daerah ini. 

Hal tersebut disampaikan oleh Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiah Yogyakarta Ahmad Sahide, saat melakukan diskusi virtual melalui aplikasi zoom yang diikuti oleh puluhan Pemuda Kotim Peduli (PKP). 

"Pemuda Kotim memiliki tanggung jawab moral untuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat," ujar Ahmad, Jumat, 25 Desember 2020. 

Menurutnya, pendidikan politik tersebut sangat penting agar ke depan bisa menghasilkan pemimpin yang memiliki gagasan, pengalaman, rekam jejak dan kemampuan leadership yang teruji. Sehingga, kebijakan yang diambilnya kelak bisa bermanfaat untuk hajat hidup orang banyak. 

Pemuda juga harus memiliki gerakan alternatif jika memang nantinya pemimpin tidak menjalankan fungsinya secara optimal. Seperti menggelar forum diskusi ringan namun bermanfaat. 

"Hal itu dilakukan sebagai upaya agar pemerintahan bisa tetap berjalan pada jalur yang ideal, oleh rakyat, bagi rakyat, dan untuk rakyat," kata Ahmad. 

Sekadar diketahui, forum diskusi tersebut bertema, "Bagaimana pemuda Kotim seharusnya menyikapi politik lokal". (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru