Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Sejumlah Capaian Kegiatan Dinas Sosial Kapuas Selama 2020

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Januari 2021 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Sosial Kabupaten Kapuas menyampaikan sejumlah capaian kegiatan pihaknya sepanjang 2020, Kamis 7 Januari 2021.

Kepala Dinsos Kapuas, Budi Kurniawan menyampaikan secara umum tugas dan fungsi pihaknya meliputi 3 aspek, yakni terkait bidang perlindungan jaminan sosial, bidang rehabilitasi sosial, dan bidang pemberdayaan sosial.

"Di 2020 kami juga menangani tugas tambahan berupa penanganan pandemi covid sebagai bagian dari gugus tugas tim penanganan covid di Kapuas khususnya bidang sarana dan prasarana logistik, Bansos dan juga terkait pengelolaan rumah karantina," katanya.

Dia merincikan penerima Bansos di Kapuas pada 2020 sesuai data sampai dengan 31 Desember 2020 tercatat jumlah penerima Bansos di Kapuas bersumber APBN yakni mulai dari penerima penerima bantuan Keluarga Harapan (PKH) 9.887 KK.

"Kemudian untuk jumlah penerima program sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 20.171 KK," jelasnya.

Lalu penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 14.987 KK. "Cukup banyak penerimanya adalah jumlah penerima Bansos covid-19 bersumber APBD Kapuas sehanyak, 35.518 KK ini bagi yang belum tercover Bansos dari pemerintah pusat," bebernya.

Juga di tengah pandemi covid-19 ini terdapat penerima bantuan sosial bersumbe dari Dana Desa (DD). "Sehingga, total jumlah penerima Bansos baik reguler, maupun temporer selama pandemi covid-19 itu tercatat sebanyak 100.336 KK atau 79 persen dari total jumlah KK yang ada di Kabupaten Kapuas," tuturnya.

Selain itu penanganan pandemi juga Dinsos Kapuas juga terlibat dalam rangka penanggulangan covid khususnya yang pertama adalah pengelolaan sarpras rumah karantina. Yang sampai dengan hari ini masih aktif dan menerima pasien covid-19.

"Juga kami sudah membentuk Tim Gerak Cepat untuk penanganan pemulasaran atau penanganan jenazah covid-19," ucapnya.

Selanjutnya, ada beberapa program reguler dilaksanakan seperti program rehabilitasi sosial pihaknya juga melaksanakan pemberian bantuan dari Kemensos RI untuk penyandang disabilitas dalam bentuk sembako, dan tunai yang disalurkan langsung ke rekening penerima penyandang disabilitas.

Berita Terbaru