Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Miliki Potensi Peremajaan Tanaman Kelapa Sawit Seluas 8 Ribu Hektare

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Januari 2021 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kabupaten Sukamara memiliki potensi peremajaan tanaman kelapa sawit seluas 8 ribu hektare. Tahun ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara menargetkan replanting seluas 3,385 hektare.

"Tahun ini kita ada target seluas 3,385 hektare untuk Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung," kata Plt Kepala DKPP Sukamara, Evi Adriyani, Sabtu 9 Januari 2020.

Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) akan lebih mengutamakan plasma yang merupakan kelapa sawit perkebunan milik perusahaan yang sudah memasuki masa replanting.

"Seperti yang disampaikan oleh Wabup tadi, bahwa ada dua tahap, untuk tahap pertama ada 4 ribu hektar dan tahap kedua juga kurang lebih 4 ribu. Untuk mempersiapkan ini sudah kita lakukan sejak awal, sehingga pada saatnya replanting kita sudah siap semua," ujarnya.

Evi menuturkan salah satu tahapan yang pihaknya lakukan saat ini adalah dengan sosialiasi, karena presespi masyarakat tentang program PSR ini masih berbeda-beda.

"Mudah-mudahan dengan sosialiasi ini mereka bisa lebih paham tentang program ini," harapnya.

Diketahui, tahap pertama replanting atau peremajaan seluas 4 ribu hektare yang akan dilakukan tahun ini adalah tanaman sawit dengan tahun tanaman 1997 -1998 dan tahap dua adalah kebun dengan tahun tanam 2001-2002. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru