Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UPTD Balai Benih TPH untuk Selamatkan Tanaman Khas Barito Utara dari Kepunahan

  • Oleh Ramadani
  • 14 Januari 2021 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin melakukan peninjauan sekaligus pertemuan dengan pegawai UPTD Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) di KM 7 Jalan Muara Teweh -  Puruk Cahu.

Kegiatan itu dirangkai dengan evaluasi program tahun 2020 dan paparan program tahun 2021. Selain itu juga serta berdiskusi mengenai pengembangan dan pembibitan tanaman hortikultura.

"Kami mengapresiasi hasil kinerja teman-teman di UPTD Balai Benih TPH, karena di tengah kondisi keterbatasan yang ada masih mampu memenuhi bahkan melampaui penyetoran target PAD tahun 2020 yang ditetapkan dari hasil penjualan bibit tanaman," kata Syahmiludin, Kamis 14 Januari 2021.

Syahmiludin menyampaikan, dibentuknya UPTD Balai Benih TPH untuk membuat kebun blok pelestarian plasma nutfah khas alam Barito Utara, agar terhindar dari kepunahan. 

Keberadaan Balai Benih KM 7 maupun kebun bibit di kandui ternyata cukup menjanjikan. Pada dua lokasi kebun bibit buah-buahan lokal tersebut, sudah ada tanaman-tanaman yang rutin berbuah serta mampu menyediakan bibit tanaman sebagai sumber PAD. Selain itu pula, dapat membantu menyelamatkan koleksi  buah-buahan lokal khas Barito Utara dari kepunahan.

"Kawasan kebun buah tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan agrowisata," terangnya.

Dengan penataan sarana prasarana, kedua tempat tersebut sangat layak untuk dikunjungi dan menjadi pilihan objek wisata.

Selain itu, apabila ada masyarakat ada yang berminat untuk membudidayakan tanaman seperti buah durian, kelengkeng, tengkuhis, rambutan, mangga, duku, cempedak, kapul, tenggaring, jahe merah maupun tanaman hias dan lainnya, dapat melihat juga membeli langsung di UPTD Balai Benih itu.

"Seluruh benih tanaman maupun buah ini bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah, terjangkau, dan terjamin," jelasnya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru