Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mancing Mania Memanfaatkan Sungai Katingan yang Sedang Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Januari 2021 - 05:30 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Meski saat ini hujan terus berlangsung,  namun Sungai Katingan di wilayah Kasongan dan sekitarnya sejak dua pekan terakhir justru airnya sedang surut. 

Kondisi air Sungai Katingan wilayah Kasongan yang surut ini dimanfaatkan oleh warga masyarakat mancing mania. 

Pasalnya,  warga meyakini saat kondisi air Sungai Katingan mulai surut, maka berbagai macam jenis ikan akan terkumpul.

Sehingga tidak heran jika setiap hari tidak sedikit warga mendatangi Sungai Katingan untuk mengail ikan itu. 

Tidak hanya datang dari Kasongan dan sekitarnya,  warga luar daerah seperti Palangka Raya juga diinformasikan setiap harinya ke Kasongan memancing ikan di Sungai Katingan. 

Di Sungai Katingan wilayah Kasongan sejauh ini ada banyak spot mancing,  seperti di sekitar Jembatan Sei Katingan maupun daerah Kampung Banjar Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir. 

"Kalau sekarang warga yang mancing di Sungai Katingan ini hampir setiap hari selalu ramai,  mulai pagi, siang, sore maupun malam, " tutur Hairul warga Kasongan yang juga mengaku juga hobi memancing ikan di Sungai Katingan ini,  Selasa,  19 Januari 2021.

Menurutnya,  selain jenis baung,  dan patin sungai,  ikan hasil tangkapan mancing warga di Sungai Katingan juga ada jenis lawang,  salap maupun udang galah. 

Camat Katingan Hilir,  Karyadi mengakui kondisi air Sungai Katingan yang mulai surut menyebabkan warga terutama penghobi mancing mania hampir setiap hari memancing di Sungai Katingan itu. 

Ia mengaku selain hanya untuk sekadar hiburan dengan dikonsumsi sendiri, hasil tangkapan dengan cara memancing ini juga dijadikan usaha sampingan bagi warga. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru