Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pastikan Keamanan Stok Pangan Pemprov Upayakan Kerjasama Lintas Sektoral

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Januari 2021 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri menilai pengamanan stok pangan Kalteng untuk saat ini perlu kerjasama lintas sektoral.

“Koordinasi semua lintas sektoral merupakan hal yang penting untuk memastikan seluruh stok pangan pada posisi aman,” ucapnya, Rabu, 20 Januari 2021.

“Fenomena cuaca dan kejadian bencana alam di provinsi tentangga, tentunya menjadi salah satu pertimbangan untuk mulai bergerak guna memasikan ketersediaan dan kelancaran distribusi kebutuhan pokok,” tambahnya.

Ia berharap melalui langkah cepat pemerintah daerah kelangkaan dan kenaikan harga melebihi batas kewajaran dapat ditekan, sehingga tidak sampai menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Di sisi lain, lanjut dia, perubahan cuaca yang berpotensi menyebabkan tingginya gelombang laut juga harus dicermati, karena hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap disitribusi kebutuhan pokok dari Pulau Jawa.

“Memang perlu dicermati karena distribusi berkenaan dengan sebagian besar barang-barang yang berada di Kalteng, khususnya wilayah timur dan tengah ini cenderung bersumber dari Kalsel,” ucapnya.

Maka dari itu langkah pengecekan awal baik dari sisi ketersediaan stok, harga, dan distribusi akan mempermudah langkah-langkah pengendalian ketersediaan barang dan inflasi di Kalteng. 

“Oleh sebab itu semunya diinstruksikan terlibat, termasuk BMKG yang memberi prediksi-prediksi cuaca dan juga ini antisipasi kita menghadapi risiko bencana, salah satunya banjir,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru