Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Gelar Pertemuan dengan BPP Kandui

  • Oleh Ramadani
  • 20 Januari 2021 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Pertanian Barito Utara menggelar pertemuan rutin dengan BPP Kandui Kecamatan Gunung Timang.

Pertemuan dihadiri jajaran Distan Barito Utara dan diikuti semua Penyuluh Pertanian, Petugas Teknis dan Penyuluh Swakarsa se Gunung Timang. Pertemuan dilaksanakan di Kebun Bibit Buah-buahan di KM 55 ruas jalan negara Muara Teweh - Banjarmasin.

Plt Kadis Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati, Rabu 20 Januari 2021 mengatakan Distan Barito Utara melaksanakan pertemuan rutin dengan BPP Kandui. Pertemuan ini dalam rangka evaluasi pelaksanaan kegiatan pertanian tahun 2020 dan programa pertanian 2021 yang ada di WKPP BPP Kandui yang membawahi 16 Desa se Kecamatan Gunung Timang.

Pada kesempatan tersebut diserahkan bantuan Kostra Tani berupa 1 (satu) unit paket komputer lengkap dengan modem untuk mendukung input data dan laporan pertanian yang secara rutin diminta oleh Kementerian Pertanian.

“Kostra Tani adalah semacan pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat Kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran BPP dalam mewujudkan kedaulatan pangan,” kata Syahmiludin.

Selain itu, bersumber dari dana APBD Kabupaten Barito Utara juga diserahkan paket bantuan saprodi pertanian bagi 16 orang penyuluh pertanian swadaya untuk membuat demplot pertanian di wilayahnya masing-masing.

Dikatakannya melalui demontrasi percontohan yang dilakukan oleh penyuluh swadaya yang direkrut dari kalangan pemuda tani/tokoh tani/penggiat/pelaku kegiatan petanian yang sudah menjadi panutan masyakat di desanya diharapkan dapat menjadi contoh langsung yang bisa menggugah semangat dan membangkitkan kemauan dari petani/poktan yang ada untuk betul-betul menekuni kegiatan usahatani secara serius dan bersungguh sungguh.

“Sistem pembinaan semacam ini dinilai sangat efektif dan lebih mudah mengajak masyarakat tani utk ikut secara aktif melaksanakan program pertanian, karena secara nyata ada bukti dan contoh keberhasilan yang bisa mereka lihat secara langsung,” kata dia. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru