Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pria Berjuluk Bapak Kucing dari Masjid Al-Aqsa Wafat Akibat Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 25 Januari 2021 - 00:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ghassan Younes, pria Palestina yang dijuluki Bapak Kucing atau Abu Hurairah dari Masjid Al-Aqsa, meninggal dunia akibat Covid-19. Kesehatannya terus memburuk dan menghembuskan napas terakhirnya pada hari Selasa.

Mengutip Daily Sabah, Younes menjadi populer saat seorang fotografer, Saleh Zighari, mewawancarainya pada 2016 lalu. Dia terkenal karena kepeduliannya terhadap hewan, terutama kucing. Ia pun dijuluki Abu Hurairah (Bapak Kucing) merujuk pada sahabat Nabi Muhammad yang dikenal suka pada hewan itu.

Pria berusia 72 tahun itu berasal dari kota Ara, sekitar 38,5 kilometer selatan Haifa. Setiap hari ia pergi ke Masjid Al-Aqsa dari 1971 hingga 2020 dan memberi makan burung serta kucing di sana setiap pagi setelah salat. Ia sering pula ditahan oleh otoritas Israel ketika mereka mengeluarkan perintah larangan memasuki Masjid Al-Aqsa.

"Saat memasuki halaman Al-Aqsa, saya melihatnya dikelilingi kucing dan burung. Saya sudah melihatnya sejak saya berusia kurang dari 8 tahun," kata Zighari, 23, fotografer asal Yerusalem, dikutip dari Daily Sabah, Ahad, 24 Januari 2021.

Selain baik kepada hewan, Younes juga perhatian dengan jemaah lain. Kantong bajunya selalu berisi permen yang biasa ia bagikan kepada jemaah.

"Dia sangat baik kepada semua orang, orang yang baik hati yang baik kepada hewan dan orang," ucap Zighari.

Zighari menuturkan koleganya sering bertanya tentang Youness bila ia baru kembali dari Yerussalem.

"Mereka bertanya tentang dia, tentang kebaikan dan hadiahnya. Mereka mengira dia seorang pejabat, dan mereka selalu terkejut bahwa kepeduliannya terhadap hewan sepenuhnya, sukarela,” tuturnya.

Orang tua Palestina itu menjadi terkenal secara lokal dan regional karena video yang direkam oleh pengunjung selama bertahun-tahun di masjid dan beredar di media sosial saat dia memberi makan kucing.

TERAS.ID

Berita Terbaru