Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pematang Karau: Pemdes Susun RAPBDes untuk Pemulihan Ekonomi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Januari 2021 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Pematang Karau Edy Adwar mendorong pemerintah desa agar dalam menyusun RAPBDes 2021 berfokus pada pemulihan masyarakat selama pandemi covid-19.

"Pemdes harus bisa merancang kegiatan atau program berkala desa yang mudah, murah, cepat menghasilkan untuk masyarakat dan PADes (Pendapatan Asli Desa) serta menghidupkan BUMDes," ujarnya di Bambulung, Kamis, 28 Januari 2021.

Dia mencontohkan, program di bidang pertanian yang dapat dibuat oleh Pemdes seperti budaya jahe merah, jagung, buah-buahan, singkong dan lain-lain.

"Desa juga bisa menyusun program untuk pelatihan ketrampilan dan pembangunan infrastruktur seperti jalan usaha tani, embung desa, pondok pertemuan dan yang lainnya dengan memberdayakan tenaga kerja di desa setempat," imbuh Edy Adwar.

Dia juga mengajak Pemdes menghijaukan Kecamatan Pematang Karau melalui peningkatan produksi pertanian sebagai salah satu potensi terbesar yang dimiliki oleh kecamatan tersebut.


"Pontensi di bidang pertanian adalah emas hijau yang terpendam. Pemdes harus mengembangkan potensi ini, tentu dengan menyesuaikan produk pertanian yang cocok untuk masing-masing desa," tandasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru