Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Berikan Bantuan Warga Terdampak Abrasi di Desa Keraya

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 29 Januari 2021 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dampak abrasi mengakibatkan 7 rumah warga RT 01 Desa Keraya, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terancam roboh.

Melihat kondisi ini Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah didampingi BPBD dan PUPR Kobar, langsung terjun meninjau ke lokasi dan memberikan bantuan paket sembako, Jumat, 29 Januari 2021.

Secara simbolis bantuan diserahkan langsung oleh Wabup Kobar kepada warga yang terdampak abrasi.

"Ini ada sedikit bantuan paket sembako dari Pemkab, semoga dapat bermanfaat," kata Wabup saat menyerahkan paket sembako.

Ahmadi menyampaikan dalam penanganan abrasi jangka panjang akan merelokasi warga ke tempat yang lebih aman. Sementara ini karena darurat, maka akan dibangun tanggul sementara menggunakan karung berisi pasir dan material lainnya.

"Untuk penanganan sementara ini, kami akan membuat tanggul dari pasir yang di masukan dalam karung, ini darurat karena ada kemungkinan gelombang pasang akan terjadi," ujarnya.

Pembuatan tanggul sementara itu hanya untuk wilayah yang ada pemukiman warga atau sepanjang 150 meter. Selain untuk mengamankan pemukiman warga, juga agar akses jalan tidak putus karena terjangan gelombang pasang.

"Akses jalan ini menghubungkan dua desa yakni desa Sebuai Barat dan Sebuai Timur, jika akses jalan ini tergerus oleh gelombang pasang, maka kita akan kesulitan menempuh akses ke dua desa tersebut, untuk itu saya minta BPBD dan Dinas PUPR Kobar segera kerjakan tanggul darurat hari ini juga, kita libatkan warga setempat untuk gotong royong," tuturnya.

Sementara itu, satu diantara masyarakat yang terdampak abrasi, mengucapkan rasa syukur atas bantuan dan perhatian dari Pemkab Kobar. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru