Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Seruyan Upayakan Bantu Tenaga Bidan Tingkatkan Kualifikasi Pendidikan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 02 Februari 2021 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui dinas kesehatan akan mengupayakan membantu pembiayaan untuk para tenaga bidan meningkatkan kualifikasi pendidikannya.

Hal ini seiring dengan amanat Undang-Undang tentang Kebidanan mengatur bahwa pada 2026, semua bidan minimal berpendidikan D IV atau S1 dan wajib berpendidikan profesi.

“Pasti ada dukungan dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan para bidan sesuai dengan yang di amanatkan oleh undang-undang,” kata Kadis Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah, Senin 1 Februari 2021.

Hanya saja dinas kesehatan akan memberikan pengaturan kepada mereka yang akan mengikuti tugas belajar agar tidak mengganggu pemberian pelayanan kepada masyarakat secara langsung.

“Kami juga sudah menjalin komunikasi dengan IBI Seruyan, bahwa seluruh bidan yang hendak melanjutkan pendidikan harus terdaftar dulu dan IBI yang nanti mengusulkan ke pemerintah daerah,” urainya.

Dengan adanya usulan yang disampaikan, maka akan mudah dalam melakukan penyusunan terkait pembiayaan yang di perlukan untuk peningkatan SDM para bidan.

“Peningkatan kualifikasi pendidikan para bidan ini, merupakan tuntutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga diharapkan angka kesakitan dan angka kematian ibu melahirkan bisa di tekan sekecil mungkin,” tandasnya. (FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru