Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Pulang Pisau: Food Estate Beri Nilai Tambah Petani

  • Oleh Asprianta
  • 03 Februari 2021 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menyambut sekaligus mendampingi kedatangan rombongan Gubernur Kalimantan Tengah bersama Kapolda dan Danrem 102 Pjg Kalteng meninjau Lokasi pembangunan dan pengembangan Food Estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Selasa, 2 Februari 2021.

Di lokasi juga turut hadir Kepala Dinas Pertanian, Kadis PUPR, Plt Kadis Kominfo Kalteng. Sementara dari Pemerintah Kebupaten (Pemkab) Pulpis juga hadir Kepala DPUPR, Kepala Distan dan pejabat terkait lainnya.

"Kita mendampingi Gubernur Kalimantan Tengah Pak H Sugianto Sabran bersama Kapolda Irjen Dedy Prasetyo dan Danrem 102 PJG Brigjen TNI Purwo, meninjau lokasi tanaman padi yang siap panen, hamparan lokasi food estate hingga ke lokasi lainya," ucap Taty sapaan akrab Wabup Pulpis itu.

Taty mengungkapkan Pemkab Pulpis menyakini program Food Estate mampu memberikan nilai tambah bagi pendapatan para petani yang ada di daerah itu.

Seperti yang disampaikan Presiden Jokowi beberapa waktu dalam kunjungan kerja kenengaraan adalah bahwa program Food Estate ini sebagai tindaklanjut dari pemerintah pusat untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

"Food Agricultute Organization (FAO) sudah mengingatkan akibat pandemi COVID-19 ini akan terjadi kelangkaan pangan. Sebagai tindaklanjut dari pemerintah pusat, maka dikembangkan program Food Estate untuk menjaga ketahanan pangan nansional," kata Taty.

Taty menjelaskan  Program Food Estate, bukan saja sebagai cadangan pangan nasional tetapi juga meningkatkan hasil pertanian secara nasional.

Pemerintah Pusat melalui program ini membantu meningkatkan produktivitas dengan pertanian yang dikembangkan secara modern.

"Menurut Presiden menyampaikan bahwa dengan adanya program yang didalamnya ada optimalisasi lahan pertanian ini, selain memberikan nilai tambah hasil produktivitas pertanian juga meningkatkan hasil pendapatan masyarakat khususnya para petani," ungkapnya.

Taty menambahkan, bukan saja pada perbaikan jaringan irigasi, tetapi juga pada peningkatan mutu pertanian dengan didukung peralatan pertanian yang modern.

"Termasuk pemerintah pusat akan membantu membangun industri hilir untuk mengolah hasil-hasil pertanian dari masyarakat. Ini tentu menjadi nilai tambah bagi Kabupaten Pulang Pisau yang diberikan kepercayaan untuk pengembangan program ketahanan pangan nasional," pungkasnya.

Sementara Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan kunjungan itu untuk melakukan berbagai peningkatan dan perkuatan dalam membangun lumbung pangan nasional.

Berita Terbaru