Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Kuala Kapuas Berikan Pembinaan Budidaya Ikan Patin ke Warga Binaan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Februari 2021 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kuala Kapuas memberikan pembinaan kemandirian kepada para warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan salah satunya dibidang pembudidayaan ikan air tawar jenis ikan patin di kolam Rutan.

Kepala Rutan, Toni Aji Priyanto menyampaikan pihaknya memiliki 4 kolam, tetapi sementara hanya 2 kolam saja yang dipakai untuk pembudidayaan ikan. Ditargetkan tahun 2021 dapat memanfaatkan kolam yang kosong untuk diisi ikan dengan jenis lain.

"Tujuan pembinaan dibidang budidaya ikan air tawar ini untuk memberikan skill kepada narapidana yang diharapkan dapat bermanfaat," kata Toni Aji Priyanto, Minggu 7 Februari 2021.

Dia menuturkan ikan tersebut diperoleh dengan membeli di Balai Benih Ikan Kabupaten Kapuas, untuk kemudian dibudidayakan di kolam ikan yang sudah ada.

"Ikan patin yang kita budidaya di kolam Rutan ini sekarang sudah berumur 5 bulan lebih 3 minggu, bibit yang waktu itu kita tebar sekitar 700 ekor," ucapnya.

Toni juga mengatakan bahwa ikan patin di kolam Rutan sebentar lagi siap panen, "Ikan patin ini akan kita panen nanti kalau sudah berumur 7 bulan dan siap juga dipasarkan," ucapnya.

Selain memberikan pengetahuan bagi warga binaan, diharapkannya juga dari pembudidayaan ikan juga bermanfaat untuk masyarakat Kapuas.

"Karena dengan hasil panen ikan air tawar ini nantinya juga akan dijual ke pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga lebih ekonomis tentunya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru