Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Majukan Sektor Wisata, Dispar Kobar Gandeng Pelaku Pariwisata

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Februari 2021 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) terus berupaya memajukan sektor wisata, dengan menggandeng pihak terkait pariwisata yang ada di Kobar.

Mengawali tahun 2021 dan kembali dibukannya objek wisata, Dispar melakukan pendataan, untuk pemenuhan kebutuhan data pariwisata dan penyelerasan sistem pelaporan data kepariwisataan.

Kepala Dinas Pariwisata Kobar Wahyudi melalui Sekretaris Dinas Pariwisata Amirhansyah menyampaikan, bahawa data merupakan salah satu faktor penting dalam mengukur kinerja organisasi. Demikian pula, Dispar yang indikator kinerja utamanya dikur dari data-data pariwisata, yang tentunya memerlukan kerjasama dari stakeholder pariwisata.

"Dispar sangat mengharapkan kerjasama dari stakeholder, untuk pemenuhan kebutuhan data pariwisata sesuai dengan bidang usaha mereka, semua ini muaranya adalah untuk memajukan sektor pariwisata di Kobar," ujarnya.

Amirhansyah menyampaikan, adapun data yang diperlukan Dispar diantaranya adalah, untuk asosiasi - asosiasi pariwisata meliputi nama asosiasi, SK, jumlah anggota, laporan kegiatan bulanan.

Sementara untuk destinasi wisata meliputi jumlah kunjungan wisatawan dan wahana yang ada di destinasi wisata. Data yang diperlukan untuk sektor perhotelan, adalah jumlah tamu dan rata-rata lama tinggal.

"Melalui kerjasama yang baik dengan Stakeholder akan menghasilkan data yang lebih akurat," ungkapnya.

Setidaknya sudah ada 16 stakeholder yang telah mewakili destinasi wisata, sektor usaha perhotelan, sektor usaha rumah makan atau kafe dan asosiasi pariwisata. Mereka menyatakan kesiapan untuk bekerjasama memenuhi kebutuhan data yang diperlukan Dinas Pariwisata. Selain itu, ada beberapa saran dan usulan dari stakeholder pariwisata yang bertujuan untuk memajukan pariwisata Kobar.

Terpisah, Kabid Kelembagaan dan SDM Pariwisata Dispar Kobar Nusriadi, mengharapkan adanya asosiasi baru di sektor pariwisata yang belum mempunyai wadah bagi usaha mereka. Dispar Kobar khususnya Bidang Kelembagaan dan SDM Pariwisata, akan membantu dan memfasilitasi pembentukan asosiasi tersebut.

"Semoga Pariwisata Kobar semakin maju dan pelaku usaha pariwisata semakin berkembang. Sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru