Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tanah di Kawasan Bagendang Banyak Dikuasai Pengusaha Luar

  • Oleh Naco
  • 09 Februari 2021 - 16:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H. Ary Dewar menegaskan lahan di kawasan pelabuhan Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur banyak dikuasai oleh pengusaha dari luar.

Secara tegas dirinya mengkhawatirkan adanya tuan takur yang akan menguasai lahan di daerah selatan, salah satunya di kawasan Bagendang tersebut. 

Hal ini seiring dengan rencana pemerintah kabupaten menetapkan kawasan itu dalam peraturan daerah rencana detail tata ruang (RDTR) sebagai kawasan industri.

Ary Dewar justru khawatir dengan sikap ngototnya pemerintah kabupaten menetapkan dan mewajibkan Bagendang hanya satu-satunya sebagai kawasan industri. 

Hal ini mengakibatkan investor akan enggan masuk ke Kotim. Karena tentunya di Bagendang saat ini harga lahan sudah tidak logis lagi.

“Coba saja cek ke daerah Bagendang itu  banyak yang memiliki dan menguasai lahan sudah bukan orang di situ, sudah ada yang dikuasai  pengusaha Medan, pengusaha Jakarta, dan Surabaya," kata Ary.

"Kalau pemkab terlalu ngotot di sana maka sangat berpengaruh dan menganggu investasi, karena investor akan enggan masuk lagi,” kata Ary Dewar disela-sela pembahasan raperda RDTR, Selasa, 9 Februari 2021.(NACO/B-5)

Berita Terbaru