Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan: Musrenbangdes untuk Optimalkan Pembangunan

  • Oleh Sintha Kurnia Sari
  • 16 Februari 2021 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pemerintah Desa (Pemdes) Kalanis, Kecamatan Dusun Hilir, menjadi desa selanjutnya yang menggelar musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes), dengan dihadiri Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri.

Eddy Raya mengatakan, kesepakatan dari musrenbangdes  menjadi masukan kegiatan prioritas yang akan dibahas dan disepakati untuk menjadi rencana kegiatan lintas desa pada pembahasan di tingkat kecamatan masing-masing.

Lebih lanjut disebutkan Eddy Raya, dalam pelaksanaan musrenbangdes  yang selain kehadiran para pemangku kepentingan, juga sejatinya tokoh-tokoh masyarakat hingga adat dan pemuda turut hadir guna menyampaikan aspirasi terkait pembangunan desa.

"Musrenbangdes adalah forum untuk masyarakat dan para pemangku kepentingan di tingkat desa menyampaikan saran dan masukan mengenai prioritas pembangunan di desanya. Musrenbangdes untuk optimalkan pembangunan," ujar Eddy Raya, Senin (15/2).

Di mana melalui musyawarah tersebut maka keterwakilan dan kesepakatan rencana kegiatan yang akan diusulkan pada musrenbang tingkat kecamatan nantinya. Mengingat musrenbangdes merupakan proses perencanaan pembangunan secara partisipatif sesuai peraturan dan perundang-undangan.

Kemudian ia menambahkan, pokok penekanannya menggunakan pola pendekatan kinerja, yang dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran dari masing-masing satuan kerja.

"Untuk mendapatkan hasil optimal maka diperlukan cara pendekatan melalui musyawarah untuk menjaring aspirasi masyarakat sekaligus untuk menjaring kepentingan masyarakat," tukasnya. (SINTHA)

Berita Terbaru