Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Rutan Kuala Kapuas Kembali Panen Jamur Tiram Hasil Budidaya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Februari 2021 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas kembali meIakukan panen jamur tiram.

Kegiatan panen tersebut merupakan hasil dari budidaya warga binaan pada pondok jamur selama ini, bertempat di ruang bimbingan kerja (bimker) Rutan Kuala Kapuas.

Petugas Pembinaan Kemandirian Rutan Kuala Kapuas, I Ketut Cemarne, menyampaikan budidaya jamur di Rutan Kuala Kapuas terbilang cukup berhasil.

"Beberapa hari lalu kita juga sudah panen sekitar 2 Kg jamur tiram, dalam sepekan bisa panen 2 sampai 3 kali," kata I Ketut Cemarne, Minggu 21 Februari 2021.

Ketut menambahkan penen jamur tiram di Rutan Kuala Kapuas sejatinya bisa mencapai 3 - 4 kg bila kondisi baglog masih produktif.

"Kami sudah mulai menyiapkan beberapa baglog untuk memperbarui baglog yang sudah berusia hampir enam bulan yang nantinya tidak akan produktif lagi jika tidak diganti dengan baglog baru. lni sesuai arahan penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian kemarin," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto, menyampaikan rencananya akan membangun pondok jamur baru.

"Sebentar lagi kita akan membangun khusus pondok jamur yang lebih baik lagi di samping ruang bimker ini, selama inikan pondok jamur numpang di ruang Bimker, sehingga pencahayaan dan pengaturan suhunya kurang baik," ucap Toni.

Adapun untuk jamur tiram yang telah dipanen nantinya akan diolah menjadi jamur crispy untuk dijual dengan label passion merupakan merk yang dimiliki pemasyarakatan seluruh Indonesia, sesuai arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bahwa barang dan jasa hasil WBP seluruh Indonesia seragam menggunakan merk tersebut.

"Ke depannya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru