Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Imbau Warga Turut Cegah Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Maret 2021 - 11:05 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang mengimbau kepada lapisan masuyarakat di daerahnya turut melakukan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla musim kemarau tahun ini. 

Wabup Sunardi juga meminta kepada para camat dan kepala desa sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah juga melakukan sosialisasi terkait  pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini. 

"Pada musim kemarau tahun ini saya mengimbau kepada warga masyarakat turut serta dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan," kata Wabup Sunardi Litang, Selasa, 2 Maret 2021.

Menurutnya,  sejauh ini sudah ada ditemukan titik panas di sejumlah wilayah kecamatan, namun titik panas yang ada sifatnya masih dalam skala kecil dan telah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan. 

Sunardi Litang mengatakan,  masalah Karhutla sejauh ini menjadi atensi pemerintah, baik pusat,  provinsi maupun kabupaten atau kota. 

Pasalnya,  dampak yang ditimbulkannya akibat Karhutla ini menyebabkan kabut asap. Sehingga selain mengganggu kesehatan umat manusia,  juga mengganggu kelancaran arus transportasi baik darat,  sungai atau laut.  

Untuk wilayah Kabupaten Katingan, kata Sunardi Litang sejauh ini terutama pada musim kemarau hampir selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.  Pasalnya,  selama ini sebagian wilayah di Katingan terdiri dari tanah bergambut. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru