Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Timur Antisipasi Potensi Karhutla pada Kemarau Tahun Ini

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Maret 2021 - 04:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran atau BPBD Damkar mulai mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla yang berpotensi terjadi saat musim kemarau.

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Damkar Barito Timur, Riza Rahmadi usai mengikuti rapat koordinasi virtual dalam rangka pencegahan dan penanganan karhutla yang dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa 2 Maret 2021.

"Sejumlah upaya pencegahan disiagakan pemerintah ditengah pandemi covid-19 seperti kesiapsiagaan semua pos pemadam kebakaran di tingkat kecamatan, inventarisasi ketersediaan sarana dan prasarana karhutla baik milik pemda, TNI, polri maupun masyarakat," ujar Riza di kantornya, namun dia tidak merinci langkah-langkah pencegahan apa saja yang mulai dilakukan.

Menurutnya masalah Karhutla dari tahun ke tahun penyebabnya hampir sama yaitu akibat ulah manusia, faktor cuaca dan saat ini ditambah fenomena El Nino.

"Kita berharap hujan tetap turun merata di sepanjang tahun ini sehingga potensi kebakaran bisa berkurang," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu, Nur Setiawan mengungkapkan prakiraan kemarau di Barito Timur pada tahun ini dimulai pada dasarian kedua Juni, sedangkan akhir kemarau biasanya Oktober.

"Nanti akan di-update setelah ada pertemuan prakiraan musim hujan tahun 2021," ujar Nur Setiawan via aplikasi perpesanan.

"Untuk potensi karhutla di Barito Timur tahun ini dari proyeksi kondisi iklim kurang lebih sama 2020, namun tidak separah tahun 2019," tutupnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru