Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dandim 1013 Muara Teweh Pimpin Apel Siaga Karhutla di Kabupaten Murung Raya

  • Oleh Ramadani
  • 04 Maret 2021 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Kav Rinaldi Irawan memimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan karhutla di halaman kantor Pemkab Murung Raya, Puruk Cahu, Kamis, 4 Maret 2021.

Dandim mengatakan, penanggulangan karhutla merupakan arahan Presiden RI melalui berbagai kegiatan beberapa waktu lalu.

Ada sejumlah poin yang harus dipersiapkan sesuai arahan Presiden RI, selain kesiapan sumber daya personel. Di antarnaya, prioritas upaya pencegahan melalui deteksi dini, monitoring areal rawan hotspot dan titik api, pemantauan kondisi harian di lapangan.

Selanjutnya, infrastruktur monitoring dan pengawasan harus sampai level bawah, pelibatan babinsa, bhabinkamtibmas, kepala desa dalam penanganan karhutla, serta mengajak tokoh agama dan masyarakat untuk memberikan edukasi tentang pencegahan.

“Jangan biarkan api membesar. Harus tanggap dan jangan terlambat sehingga api sulit dikendalikan serta tegakan hukum tanpa kompromi, berikan sanksi yang tegas, sehingga ada efek jera,” imbuhnya.

Selain itu, pemerintah kabupaten dan kota harus segera menentukan status keadaan darurat bencana karhutla di daerahnya masing-masing dan membentuk satgas penanganan sampai tingkat kelurahan dan desa. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru