Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wilayah Pelosok Tidak Dapat Anggaran yang Ideal

  • Oleh Naco
  • 07 Maret 2021 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Anang Kapelius mendorong agar  pemerataan anggaran untuk kecamatan di daerah pelosok dan daerah pemekaran  merupakan sebuah keharusan. 

Pasalnya ada sejumlah kecamatan pemekaran di pedalaman itu tidak mendapatkan kucuran anggaran yang ideal. 

"Bahkan perbedaaan dengan beberapa kecamatan sekitarnya sangat jauh," katanya. Itu disampaikan Anang ketika pihaknya menggelar reses pekan lalu di sejumlah desa dan kecamatan di daerah pemilihan V. 

Kecamatan yang dimaksud politikus Partai Demokrat itu di antaranya adalah Kecamatan Bukit Santuai, Tualan Hulu dan Telaga Antang. 

"Kecamatan ini sangat sedikit sekali kebagian anggaran. Pemkab mesti mempertimbangkan aspek keadilan untuk kecamatan-kecamatan ini. Terutama yang  menyusun anggaran di Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” tuas Anang, Sabtu, 7 Maret 2021.

Anang menyebutkan  seperti halnya Kecamatan Tualan Hulu awalnya hanya mendapatkan anggaran sekitar Rp600 juta sementara untuk kecamatan yang ada di sekitarnya ada yang mendapatkan  hingga angka miliar per tahunnya dari APBD Kotim. 

Namun secara bertahap saat ini dirinya terus memperjuangkan anggaran itu khususnya untuk kecamatan tadi.

"Keadilan anggaran ini sangat penting untuk kecamatan baru yang dimekarkan, bayangkan perbedaaan anggaran begitu tinggi tingkat disparitasnya ini," ucapnya.

Dia menekankan jangan sampai anggaran kecamatan ini justru lebih kecil dibanding dana desa yang sudah dia atas Rp 1 miliar setiap tahunnya dari pemerintah, padahal untuk beban program kecamatan sangatlah besar. 

“Desa saja anggarannya miliar rupiah sementara Kecamatan masih ratusan juta," tutupnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru