Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sinovac Paling Cocok untuk Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 16 Maret 2021 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah menilai vaksin Covid-19 Sinovac Biofarma untuk saat ini paling cocok untuk digunakan di Kalteng.

"Saat ini memang masih Sinovac, untuk Astrazeneca memang masih belum. Pemilihan ini lebih merujuk ke sistem penyimpanan yang dimiliki," ungkap Kepala Dinkes Kalteng, Suyuti Syamsul.

Dia menilai Sinovac cocok karena sesuai dengan kemampuan penyimpanan vaksin di Kalteng yang rata rata memiliki suhu 2 derajat sampai 8 derajat celcius.

Berbeda jika menggunakan vaksin lain yang memerlukan suhu penyimpanan minus 20 derajat celcius yang akan memberikan kesulitan tersendiri.

"Jadi pilihannya itu disesuaikan dengan kemampuan setempat. Apalagi kalau pakai freezer minus 70 derajat dimana kita mau menyimpan. Ini adalah maslaah teknis yang harus kita lihat secara bijak," terangnya.

Suyuti mengatakan untuk vaksin Sinovac yang saat ini sedikit berbeda. Vaksin sebelumnya diimpor langsug dari China, sedangkan vaksin kedua saat ini hanya bahan baku dari China. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru