Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi I DPRD Kalteng: Seharusnya KPU Terbuka Terkait Masalah Anggaran Pilkada

  • Oleh Donny Damara
  • 20 Maret 2021 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Begitu fantastisnya anggaran Pilkada serantak 2020 membuat Komisi I DPRD Kalteng akan segera menggelar RDP dengan KPU guna membahas hal tersebut.

Di sisi lain yang menjadi sedikit permasalahan yakni dengan besarnya anggaran itu KPU Kalteng tidak terbuka mengenai rincian penggunaannya.

"Seharusnya KPU terbuka terkait masalah anggaran Pilkada itu, ini yang menjadi hal utama diperhatikan yakni menyampaikan rincian penggunaan anggaran Pilkada 2020," kata Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohanes Freddy Ering, Sabtu, 20 Maret 2021.

Dijelaskannya, hal tersebut mengacu pada UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, sehingga perlu adanya keterbukaan informasi kepada seluruh masyarakat Kalteng terhadap penggunaan anggaran Pilkada.

Kemudian, untuk diketahui masyarakat luas ada baiknya rincian penggunaan anggaran Pilkada itu disiarkan kepada publik melalui media massa atau baliho, mengingat hal ini juga diatur dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tersebut tanpa terkecuali penggunaan anggaran dari APBD.

Selain itu juga, keterbukaan informasi publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh informasi.

Badan publik memiliki kewajiban dalam menyediakan maupun melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya proporsional serta sederhana.

Dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 juga ditegaskan bahwa lingkup badan publik meliputi lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif, serta penyelenggara negara lainnya yang mendapatkan dana dari APBN maupun APBD, wajib untuk menyampaikan setiap rincian anggaran yang digunakan.

"Sehingga wajib bagi KPUD untuk menyampaikan rincian penggunaan anggaran Pilkada kepada seluruh masyarakat Kalteng, agar semua bisa mengetahuinya," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru