Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulpis Kembali Anggarkan Bantuan Sosial Tunai di 2021

  • Oleh Asprianta
  • 22 Maret 2021 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) kembali menganggarkan dana untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) dalam rangka mengurangi dampak pandemi covid-19. Adapun anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 800 juta.

"Untuk BST Pemkab Pulpis tahun ini dianggarkan Rp 800 juta.  itu kita alokasikan untuk masyarakat di 8 kecamatan," kata Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Pulpis, Eknamesi Tawun, Minggu, 21 Maret 2021.

Ia menjelaskan, anggaran Rp 800 juta itu akan disalurkan bagi 4.000 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan nominal bantuan sebesar Rp 200 ribu per kepala keluarga. Terkait jadwal penyaluran, pihaknya masih menunggu petunjuk terkait kesiapan anggaran untuk disalurkan.

"Untuk data mungkin kita akan melakukan verifikasi ulang. Jadi jangan heran kalau penerima antara kecamatan tidak sama jumlahnya. Karena kita akan memilih mereka yang benar-bebar membutuhkan," katanya.

Tawun mengakui, anggaran tahun 2021 ini untuk bantuan sosial yang dialokasikan dari APBD Kabupaten mengalami penurunan dari 2020 yang mencapai Rp1,55 miliar, dengan jumlah KPM sekitar 3.101 jiwa.

Kendati demikian, pihaknya tetap bersyukur dan akan memaksimalkan anggaran tersebut dapat benar-benar tepat sasaran.

"Masalah anggaran saya tidak berani berkomentar. Tapi saya tetap bersyukur kita masih bisa mengalokasikan BST tahun ini. Karena prioritas Pemkab Pulpis untuk penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat," kata dia.

Diharapkan, bantuan tersebut nantinya bisa meringankan beban masyarakat yang turut terimbas perekonomian akibat pandemi covid-19.

Dia juga mengimbau semua elemen masyarakat jangan pernah lengah dan jangan pernah lelah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. (PPOST/ASPRIANTA)

Berita Terbaru