Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Palangka Raya Ingatkan Warga Waspada Penipuan Online

  • Oleh Hendri
  • 23 Maret 2021 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua II Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Susi Idawati meminta masyarakat lebih jeli dalam menanggapi tawaran barang maupun jasa secara online.

Dia mengatakan, penipuan konsumen bukan lagi menjadi hal baru yang terjadi di kalangan masyarakat. Bentuknya pun dari yang kecil sampai besar.

Modus penipuan semakin kreatif, mulai penipuan melalui pesan singkat SMS, WA, email, telepon dari orang tak dikenal, hingga meminta kode One Time Password (OTP) untuk transaksi aplikasi keuangan online.

"Sepanjang perkembangan teknologi informasi terus ada, tak bisa kita bendung begitu saja. Yang penting tingkatkan kewaspadaan," katanya, Selasa, 23 Maret 2021.

Sebagian masyarakat sangat paham dengan format pesan singkat penipuan, tapi ada juga yang terjerat sehingga harus kehilangan uang dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

"Cara mudahnya dengan tidak merespon dan tidak memberikan apapun. Termasuk untuk tidak memberikan data dalam bentuk apapun bila diminta. Harus lebih pintar melihat persoalan dan bijak dalam mengambil keputusan," tutupnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru