Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau Pastikan Sampah Medis Covid 19 Aman

  • Oleh Asprianta
  • 26 Maret 2021 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo menegaskan, penanganan sampah medis Covid-19 di wilayah setempat  aman. Baik sampah yang ada di Kristiani Center maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau.

“Kami sudah ada ahli untuk memilah sampah medis Covid-19. Jadi kami pastikan penangan sampah dilakukan dengan baik dan aman,” kata dr Mul sapaan akrabnya, Kamis.

Ia mengaku, sampah-sampah medis Covid-19 seperti dari Kristiani Center (Tempat Perawatan Pasien Covid 19) dibawa ke RSUD Pulpis untuk dipilah dari sampah medis lainnya. Seperti alat pelindung diri dan sampah lainnya dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam incinerator atau alat pembakaran sampah medis.

Namun, kata dia, untuk sampah medis seperti jarum suntuk tidak bisa dimusnahkan di RSUD Pulang Pisau.

“Untuk pemusnahan sampah medis seperti jarum suntuk kami melakukan kerja sama dengan perusahaan Centra Internusa di Balikpapan, Kaltim,” Kata Mul.

Mul yang juga menjabat Plt Direktur RSUD Pulpis itu mengaku, sebelum melakukan kerja sama dengan perusahaan Centra Internusa di Balikpapan, pihaknya juga telah berkunjung ke perusahaan itu untuk memastikan standar SOP dalam penangan sampah medis Covid 19 ditangani dengan baik.

Sehingga, lanjut dia, untuk penanganan sampah medis Covid-19 dan sampah medis lainnya di RSUD Pulang Pisau aman.

Karena, lanjutnya, penanganan sampah medis itu dilakukan dengan baik. Dia juga memastikan sampah medis Covid-19 tidak tercampur dengan sampah lainnya.

“Dalam kunjungan itu kami ingin memastikan dan membuktikan bahwa pengelolaan sampah medis yang mereka lakukan dikelola dengan baik. Jadi Masyarakat tidak perlu khawatir. Bahkan dalam menangani sampah medis Covid-19 pihaknya juga memberikan bonus kepada tim pengelola sampah. Tujuannya agar pengelolaan sampah itu berjalan dengan baik,” tutup Mul. (ang)

Berita Terbaru