Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukcapil Palangka Raya Serahkan Ratusan Kartu Identitas Anak

  • Oleh Hendri
  • 30 Maret 2021 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya menyerahkan ratusan Kartu Identitas Anak (KIA), Selasa, 30 Maret 2021.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Palangka Raya, Afendie, menyampaikan bahwa melalui inovasi Nampa Kartu Identitas Anak Itah (MANAKAR ANTAH) diharapkan jumlah anak didik yang wajib memiliki KIA dapat meningkat.

Dengan adanya KIA mempunyai manfaat antar lain sebagai identitas diri dalam pemenuhan hak anak, mempermudah pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, imigrasi dan transportasi hingga perbankan.

"Bahkan akan ada diskon khusus bagi pemilik KIA di mitra yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya," kata Afendie.

Sementara ntuk jumlah KIA yang telah dicetak dalam program yang berkerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya sebanyak 498 buah.


Berdasarkan data dari sekolah atau gugus tugas yang telah diserahkan sebanyak 259 buah serta 239 buah belum di distribusikan.

"Diharapkan agar dari sekolah atau gugus tugas lainnya untuk segera menyampaikan data yang valid kepada kami," ujarnya.

Afendie menjelaskan, ada beberpa KIA yang tidak bisa dicetak disebabkan beberapa hal yakni belum punya akta kelahiran, Kartu Keluarga dan di luar domisili.

"Di anjurkan untuk yang belum punya akta kelahiran agar segera mengurusnya ke Disdukcapil sedangkan untuk yang KK diluar domisili agar mengurus KIA di tempat domisili," tutupnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru