Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan Nilai Pelayanan di Disdukcapil Bagus

  • Oleh Uriutu
  • 30 Maret 2021 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, H. Raden Sudarto menilai pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah bagus.

"Hal tersebut berdasarkan hasil peninjauan yang kita lakukan beberapa waktu lalu," kata Raden Sudarto kepada Borneonews, Selasa, 30 Maret 2021.

Hanya saja lanjut dia, mereka tidak didukung dengan peralatan yang memadai yang memang diperlukan dalam urusan kependudukan.

Ia mencontohkan, komputer yang ada pada Disdukcapil itu sudah tua dan belum dilakukan pergantian, sehingga pelayanan dokumen kependudukan menjadi terbatas.

"Pada saat kita melakukan kunjungan, Disdukcapil mengharapkan agar pengadaan peralatan komputer itu bisa dianggarakan pada 2022, sehingga pelayanan kedepannya bisa berjalan lebih maksimal lagi," ucap dia.

Ia menilai, saran dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) supaya pengadaannya diusulkan ke provinsi, kurang tepat.

"Kita akan terus menjalin komunikasi dengan mitra kerja, dan komisi I akan berupaya supaya pengadaan komputer tersebut bisa dianggarkan pada APBD," ucap dia.

Selain itu, sambung dia, ketersediaan tenaga teknisnya yang menangani teknologi dan informatikanya juga sangat mereka perlukan.

Disdukcapil memang sudah ada meminta tenaga teknis, namun yang didatangkan ternyata mereka yang tidak menguasai tentang komputer.

Untuk itu, ia mengharapkan dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2021 untuk ditempatkan di Disdukcapil ini mereka yang betul-betul memahami dan menguasai komputer.

Berita Terbaru