Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara akan Miliki Pabrik Pakan Ternak

  • Oleh Ramadani
  • 05 April 2021 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kabupaten Barito Utara akan segera memiliki pabrik pakan. Ha itu terlihat dari pembangunan Unit Pengolahan Hasil (UPH) Pertanian berupa komoditas jagung di Desa Batu Raya I, Kecamatan Gunung Timang.

UPH ini dibangun untuk menjadi usaha pengolahan pakan ternak yang akan dikelola langsung kelompok tani.

“Pembangunan UPH ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin A Surapati, Senin, 5 April 2021.

Adapun pemilihan lokasi dan program ini didasari pertimbangan, karena Desa Batu Raya merupakan salah satu sentra penghasil jagung hibrida untuk pakan ternak di Kabupaten Barito Utara.

“Keberhasilan Kabupaten Barito Utara yang dikenal sebagai daerah sentra produksi jagung hibrida bukan cuma diakui di Kalimantan Tengah, tapi sudah dikenal hingga ke level nasional,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini pemasaran hanya dalam bentuk pipilan jagung kering sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak ke pabrik-pabrik besar pembuat pakan di Kalimantan Selatan.

Namun, pemkab melakukan terobosan program untuk memiliki tempat dan alat yang bisa dikelola kelompok tani di sentra-sentra jagung.

“Bukan sekedar dijual dalam bentuk jagung pipilan kering seperti saat ini. Tapi bagaimana mereka bisa membuat pakan ternak yang nantinya bisa membantu memenuhi kebutuhan peternak lokal di Barito Utara,” kata dia.

Saat ini, minat usaha dan potensi pasar hasil peternakan unggas seperti ayam petelur dan ayam pedaging sangat besar, serta menarik minat banyak masyarakat di Barito Utara untuk membuka usaha peternakan. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru