Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Klinik Bisnis: 64 Juta UMKM Indonesia Harus Miliki Perbedaan dan Keunikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 April 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penyelenggaraan Kelas Klinik Bisnis telah berlangsung pada tahapan selanjutnya. Kegiatan kali ini, mengangkat tema "Pentingnya Branding dan Desain Kemasan untuk UMKM" dengan penekanan pada banyaknya jumlah pelaku UMK yakni mencapai 64 Juta UMKM Indonesia sehingga setiap UMKM diharuskan memiiliki perbedaan dan keunikan.

Nia Nurdiansyah selaku narasumber pada kegiatan tersebut menerangkan pentingnya branding di tengah kontestasi antar pelaku UMKM. Pegiat UMKM dari Semarang ini mengungkapkan bahwa UMKM mengambil porsi besar dalam menyumbangkan produk domestik bruto sebuah negara.

"Ada 64 juta pegiat UMKM, angka ini mencapai 99,9 persen dari seluruh usaha yang beroperasi di Indonesia. Maka dari itu UMKM kawan-kawan perlu memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri," kata Relawan Kominfo TIK ini.

Nia yang juga merupakan Facilitator Women Will Semarang ini menerangkan pentingnya para pegiat umkm untuk menyadari nilai atau karakter dari produk yang diperjualbelikan. Karakter yang dibangun berhubungan erat branding yang akan menjadi identitas produk jualan.

"Dengan adanya karakter sebagai identitas, kita mengenali keunikan daripada produk yang kita jual untuk kemudian menentukan branding yang cocok untuk sebuah produk," jelasnya.

Menurut Nia ada beberapa kriteria yang dilakukan dalam menentukan branding dalam seuah produk pembeda dan presepsi yang hendak dikenali.

"Di lain sisi, penting untuk mengenali target pasar dari produk yang dijual dengan mempertimbangkan faktor keamanan, estetika, nilai ekonomi dan ergoomis maupun bahasa komunikasi dan promosi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru