Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menperin: RI "Partner Country" Pertama dari ASEAN di Hannover Messe

  • Oleh ANTARA
  • 12 April 2021 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang mendapat kesempatan sebagai official partner country pada Hannover Messe, sehingga membuka peluang national branding Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pemain manufaktur global.

“Pelaksanaan Hannover Messe merupakan perhelatan yang sangat penting bagi Indonesia dan juga menunjukkan Indonesia sebagai partner country adalah sebuah hal yang istimewa. Jadi, kami melihat, negara yang ditunjuk sebagai partner country adalah negara yang dinilai cukup maju di sektor industri,” kata Menperin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Setiap tahunnya, lanjut dia, satu negara terpilih untuk berperan sebagai partner country Hannover Messe, di antaranya India (tahun 2015), Amerika Serikat (2016), Polandia (2017), Meksiko (2018), dan Swedia (2019).

“Kehadiran Indonesia sebagai official partner country secara digital akan berlangsung selama setahun, sehingga kita bisa memaksimalkannya untuk mempromosikan kemampuan teknologi industri di tanah air,” ujar Menperin.

Pelaksanaan Hannover Messe tahun ini diselenggarakan sepenuhnya secara digital pada 12-16 April 2021. Format baru digital tersebut menyesuaikan dengan kondisi saat ini sebagai dampak pandemi Covid-19.


“Dalam masa pandemi yang mengubah gaya hidup, cara berinteraksi, hingga aktivitas ekonomi masyarakat, keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2021 kali ini diselenggarakan secara digital memberikan keleluasaan bagi eksibitor serta pengunjung,” kata Menperin.



Menperin juga menegaskan, dengan menjadi partner country, Indonesia menunjukkan sudah selangkah lebih maju dibandingkan negara kompetitornya

“Selain itu, Indonesia juga akan menjadi special display pada ajang Hannover Messe 2022 dan menjadi partner country kembali pada tahun 2023 yang akan dilaksanakan secara fisik apabila pandemi telah berakhir,” kata Menperin Agus.

Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel akan meresmikan pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition malam ini 12 April 2021.

“Sebelumnya, kami sudah menyelenggarakan Kick Off Pra-Konferensi Indonesia Partner Country Hannover Messe 2021 selama seminggu ini, sejak Senin kemarin (5/4),” ujar Menperin.

Berita Terbaru