Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Dharma Lautan Utama Tutup Pelayaran Menuju Pelabuhan Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 April 2021 - 11:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Sampit sementara waktu melakukan evaluasi jadwal layanan pelayaran kapal mereka menuju Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Kebijakan ini dilakukan karena adanya larangan Pemkab Kotim terkait truk angkutan besar tidak boleh melintas dalam kota.

"Manajemen pusat memutuskan sementara waktu menyetop dulu layanan keberangkatan kapal menuju Pelabuhan Sampit. Hingga keputusan pemerintah jelas terkait angkutan logistik besar," ujar Manager PT DLU Cabang Sampit, Hendrik Sugiharto, Sabtu 17 April 2021.

Keputusan ini diambil, karena larangan truk angkutan besar logistik masuk dalam kota sangat berpengaruh terhadap pihaknya. Sehingga setelah keberangkatan 2 kapal yang dilakukan pada hari ini tidak ada lagi keberangkatan lainnya.

"Dampaknya cukup besar dari segi bisnis. Karena DLU merupakan kapal pelayanan angkutan logistik. Sehingga, kalau angkutan besar tidak ada masuk, maka kami tidak bisa melayani pelayaran," katanya.

Pihaknya melakukan evaluasi kembali 10 jadwal keberangkatan kapal menuju Pelabuhan Sampit sejak besok, Minggu 18 April 2021 hingga 11 Mei 2021.

Terkait hal ini sebenarnya pihaknya sudah menyurati Dinas Perhubungan. Agar truk logistik yang akan menuju Pelabuhan Sampit ataupun dari pelabuhan ke Kota Sampit tetap bisa melintas jalan dalam kota.

Namun hingga saat ini belum ada keputusan pasti. Walaupun sempat ada pemberitahuan, boleh melintas asalkan mengurangi muatan hingga 50 persen, baik ktu truk logistik dari Jawa atau dari Sampit.

"Kami menunggu kepastian dulu dari pemerintah daerah. Selagi belum ada, maka sementara keberangkatan kapal dari PT DLU tidak ada," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru