Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Telah Miliki 9 Unit Alat PCR, Ini Sebarannya

  • Oleh Donny Damara
  • 19 April 2021 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keberadaan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi Covid-19 di tubuh manusia sangat dibutuhkan.

Pasalnya, dengan alat PCR ini keberadaan Covid-19 didalam tubuh manusia bisa dapat dengan cepat terdeteksi.

Terkait hal itu, Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Erlin Hardi mengungkapkan di Kalteng sendiri hingga sampai saat ini telah memiliki 9 unit alat PCR.

"Dari ke 9 itu ada 3 unit yang belum beroperasi, jadi untuk keseluruhan yang telah beroperasi hanya ada 6 unit," ungkapnya, Senin 19 April 2021.

Adapun sebaran alat PCR yang telah beroperasi yaitu berada di beberapa Rumah Sakit (RS) yang ada di Kalteng.

Di antaranya yakni RSUD Kota Palangka Raya 1 unit, RSUD dr. Doris Sylvanus 1 unit, RS Bhayangkara 1 unit, RSUD Sultan Imanudin 1 unit, dan RSUD Murjani 2 unit.

Kemudian, untuk alat PCR yang belum beroperasi ada di RSUD dr. H. Soemarno S. 1 unit, RS. TNI Palangka Raya 1 unit, serta Labkesda Provinsi Kalteng 1 unit.

"Dengan tersedianya alat PCR ini di wilayah Kalteng kita harap bisa membantu dalam pendeteksian secara lebih cepat, sehingga dapat diketahui dalam waktu kurang dari 2 jam untuk menentukan pasien positif ataupun negatif Covid-19," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru