Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terapkan SP2D Online, Pemkab Kobar Jalin Kerja Sama dengan BPKP dan BPD Kalteng

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 Mei 2021 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) menandatangani MoU dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) provinsi Kalteng dan PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalteng.

MoU ini terkait pengembangan dan penggunaan koneksi antara rekening kas umum daerah dengan aplikasi Simda Keuangan dalam rangka optimalisasi pengelolaan keuangan.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di aula Pemkab Kobar, Senin 3 Mei 2021 oleh Bupati Kobar Nurhidayah, Kepala BPKP Provinsi Kalteng, Direktur Operasional PT BPD Kalteng serta beberapa kepala organisasi perangkat daerah.

Bupati mengatakan dengan adanya kerja sama ini nantinya Pemkab Kobar dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) selaku selaku Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) akan menerapkan sistem transaksi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) secara online.

"Tentunya dengan dijalinnya kerjasama ini merupakan upaya Pemkab Kobar untuk mendorong terwujudnya optimalisasi, transparansi dan akuntabilitas dalam hal pengelolaan keuangan daerah," jelasnya.

Bupati mengatakan dengan Penerapan SP2D secara online diharapkan akan memangkas waktu, lebih efektif dan efisien dalam memperlancar proses pencairan SP2D dari rekening kas daerah kepada rekening tujuan baik SKPD maupun pihak ketiga dengan konsep real time online.

"Terobosan dan inovasi berupa penerapan SP2D online terintegerasi ini diperlukan guna memberikan manfaat kepada stakeholder dalam rangka menciptakan birokrasi yang bersih dan efisien terutama dalam bidang pengelolaan keuangan daerah," jelasnya.

Kepala BPKAD Kobar Rochim Hidayat menambahkan beberapa manfaat yang didapatkan dengan penerapan aplikasi ini.

"Di antaranya meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap organisasi perangkat daerah dan pihak ketiga atau masyarakat, meningkatkan kinerja organisasi terhadap pencairan SP2D serta monitoring terhadap pengeluaran rekening kas umum daerah (RKUD) pada bank dapat dilakukan secara online," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru