Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Dukungan Pemerintah Kembangkan Potensi Perkebunan Pisang di Desa Kalang

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 06 Mei 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Di Desa Kalang, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan, banyak dikembangkan perkebunan pisang milik masyarakat setempat.

Namun, hingga saat ini, pengembangan komuditas  perkebunan itu masih mengalami berbagai kendala, terutama dalam hal pemasaran.

“Potensi cukup menjanjikan, karena sekali panen bisa mencapai lebih dari 40 ton, namun hingga sekarang masih terkendala dengan pemasaran,” kata Puma Kepala Desa Kalang, Kamis, 6 Mei 2021.

Selama ini, menurutnya, pisang hasil perkebunan masyarakat dibeli oleh pengepul yang datang dari Sampit, Kotim. Tetapi, waktunya kadang tidak menentu.

Sehingga, masyarakat setempat khususnya pekebun berharap adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui instansi terkait  untuk memberikan pembinaan dan pelatihan dalam pengolahan berbagai produk dari pisang.

“Dengan adanya pelatihan dalam pengolahan produk berbahan pisang, diharapkan kedepan pisang yang dihasilkan akan di pasarkan dalam bentuk berbagai produk olahan,” ungkapnya.

Selain itu, pemerintah diharapkan ikut memberikan bantuan kebutuhan bibit dan sarana yang diperlukan untuk pengembangan perkebunan pisang di Desa Kalang. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru