Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Buah Meningkat, Warga Pekebun Sawit di Kobar Bahagia

  • Oleh Wahyu Krida
  • 08 Mei 2021 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Naiknya harga jual buah kelapa sawit belakangan ini membuat warga yang berkecimpung dalam usaha budidaya tanaman penghasil minyak nabati tersebut, bahagia.

Seperti disampaikan Syamsudin, warga Desa Sungai Melawen, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang mempunyai usaha sampingan yaitu berkebun kepala sawit.

"Kenaikan harga tandan buah segar (TBS) yang mencapai kisaran Rp 1800 hingga Rp 1900 per-kilogram ketika dibeli pengepul langsung dari warga yang menanamnya sudah terjadi sekitar 2 - 3 bulan lalu. Hal ini tentunya sangat kami syukuri," ujar Syamsudin yang menanam tanaman tersebut pada 4 hektar lahan yang dimilikinya.

Walau demikian, ia tidak bersedia menjelaskan secara rinci nominal pendapatan yang diterima saat harga buah meningkat.

"Kisaran peningkatan pendapatan dari hasil penjualan buah sawit belakangan ini mencapai 70 persen dari hasil yang saya dapatkan dari penjualan sekitar 6 bulan lalu," jelas Syamsudin.

Syamsudin mengatakan, harapannya harga buah  dan produk turunan kepala sawit bisa semakin bagus kedepannya lagi.

"Dengan semakin bagusnya harga buah sawit, tentunya sangat membantu meningkatkan perekonomian kami sebagai masyarakat yang tentunya secara tidak langsung terdampak akibat pandemi covid-19," jelas Saymsudin. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru