Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cara KUA Pulau Petak Maksimalkan Kinerja Penyuluh Agama

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Mei 2021 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Petak terus memaksimalkan kinerja dari Penyuluh Agama Islam (PAI) Non Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Salah satu caranya adalah PAI Non PNS diikutkan dalam pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Urusan Agama (KUA) Pulau Petak yang di laksanakan secara bergilir dengan terjawal.

Kepala KUA Kecamatan Pulau Petak, Sahmin mengatakan penjadwalan PAI non PNS ini bentuk usaha memaksimalkan kinerja penyuluh, tidak hanya ilmu lapangan yang didapatkan tetapi juga ilmu layanan administrasi juga kami berikan dalam bentuk tugas tambahan.

“Kegiatan lain dari KUA Pulau Petak dalam memaksimalkan kineja PAI Non PNS dengan melaksanakan giat kajian rutin seminggu sekali," katanya, Senin 10 Mei 2021.

Kemudian juga dilakukan pertemuan rapat sebulan sekali membahas perkembangan binaan sekaligus menambah keakraban para penyuluh bersama pelasana KUA Pulau Petak.

Sementara itu, salah satu PAI Non PNS, Aspul merasa sangat senang dikutkan dalam berjaga di Pelayanan PTSP hal ini menjadi pengalaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menurutnya seorang penyuluh harus menguasi berbagai hal baik itu di lapangan berhadapan langsung dnegan masyarakat maupun di Kantor secara administrasi.

“Alhamdulillah kami secara bergantian jaga dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab dalam membantu tugas KUA Kecamatan Pulau Petak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Banyak pengalaman yang didapat perihal administrasi KUA, terutama perihal pernikahan dan konsultasi agama, dengan senang hati membantu masyarakat yang datang.

"Sebagai pelayan masyarakat kami selalu berusaha menyampaikan tentang UU pernikahan yang sudah direvisi terkait usia catin dan nikah tercatat. Edukasi tentang UU Nomor 16 Tahun 2019 juga di sampaikan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru