Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Ada Takbir Keliling di Kobar, Bila Nekat Harus Siap-siap Begini

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Mei 2021 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah telah resmi melarang pelaksanaan takbir keliling pada saat malam Idul Fitri 1442H/2021, sehingga di hal tersebut berlaku juga di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Apabila ada yang nekat menggelar takbir keliling, maka tak segan Polres Kobar akan membubarkannya.

Kabag Ops Polres Kobar AKP Wihelmus Helky mengatakan, pihaknya akan menerjunkan personel, guna memastikan kebijakan pemerintah terkait larangan takbir keliling jelang hari Raya Idul, dapat dipatuhi oleh masyarakat Kobar. Mengingat saat ini kasus Covid-19 di Kobar kembali meningkat.

"Atas dasar itu, maka jika nanti ada aktivitas masyarakat untuk takbir keliling akan ditertibkan dan dibubarkan," tegas kata AKP Wihelmus Helky saat dikonfirmasi Borneonews, Senin, 10 Mei 2021.

Helky mengungkapkan, dalam situasi pandemi Covid-19 yang terus bertambah, maka aktivitas yang mengumpulkan banyak orang agar ditunda terlebih dahulu. Termasuk kegiatan takbir keliling agar ditiadakan, baik yang menggunakan kendaraan atau sekedar jalan kaki.

Helky menegaskan, bahwa keputusan itu tidak hanya berlaku untuk wilayah Kota Pangkalan Bun saja, namun pihaknya telah memerintahkan Polsek jajaran agar memantau kegiatan serupa di masing-masing wilayah hukumnya. Meski zonanya sudah hijau, hal ini guna menghargai keputusan bersama.

"Kita juga telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kobar. Jika ada yang mengajukan kegiatan takbir keliling agar tidak diizinkan," tegasnya.

Menurutnya aktivitas dengan berkumpulnya masa dalam kegiatan takbir keliling tersebut, sangat rentan terjadi kerumunan dan tidak menerapkan jaga jarak aman. Termasuk saat menggunakan kendaraan itu justru saling desak-desakan.

Sedangkan kegiatan takbir yang disarankan, yakni agar dilakukan di masjid dan musala dengan menerapkan protokol kesehatan. Tentu hal itu tidak mengurangi makna dari kegiatan tersebut yang merupakan malam kemenangan umat Islam, setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.

"Melalui kebijakan tersebut, besar harapan pemerintah agar tidak adanya penularan baru setelah kegiatan takbir keliling. Mengingat saat ini kasus Covid-19 kembali meningkat," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru