Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Pos Penyekatan Pasar Panas Temukan 1 Pelintas Positif Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Mei 2021 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Selama peniadaan mudik lebaran yang telah berlangsung selama 6 hari, petugas kesehatan pos penyekatan Pasar Panas, Kabupaten Barito Timur menemukan satu orang pelintas yang terpapar covid-19.

Hal ini diketahui setelah pelintas ini melakukan rapid test antigen di pos penyekatan. "Kejadiannya hari Minggu kemarin, yang bersangkutan merupakan warga Amuntai Kalsel, karena itu kami arahkan putar balik ke daerah asal untuk ditangani lebih lanjut," ungkap tenaga kesehatan dari Puskesmas Pasar Panas, Meilina Sari, Selasa, 11 Mei 2021.

Total pelintas perbatasan yang melakukan rapid test antigen sejak 6 Mei 2021 berjumlah 50 orang, dengan hasil 49 orang negatif dan 1 orang positif covid-19.

Sesuai peraturan, selama peniadaan mudik lebaran 6-17 Mei 2021, masyarakat dari luar Kalimantan Tengah dilarang masuk.

Larangan masuk dikecualikan bagi angkutan atau pelayanan logistik, perjalanan dengan keperluan mendesak atau non mudik seperti bekerja atau perjalanan dinas, karyawan perusahaan yang sudah berakhir masa kontrak, kunjungan keluarga sakit atau meninggal.

Kemudian berobat karena sakit darurat serta kepentingan persalinan dengan menunjukkan hasil negatif covid-19 yang pengambilan sampel maksimal 3 x 24 jam dan menunjukkan surat keterangan izin perjalanan tertulis sesuai ketentuan dengan tetap menetapkan protokol kesehatan.

Untuk kepentingan berobat darurat dapat didampingi maksimal 1 orang, sedangkan kepentingan persalinan dapat didampingi 2 orang dengan tetap menunjukkan keterangan negatif covid-19. Selain kepentingan yang dikecualikan tersebut, wajib putar balik. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru