Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Diharapkan Cari Solusi Atasi Banjir di Desa Kawasan Pertanian

  • Oleh Naco
  • 23 Mei 2021 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Juliansyah berharap agar banjir di wilayah  Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur bisa segera didata oleh pemerintah setempat.

Langkah itu dilakukan, kata dia, untuk memudahkaan mencari solusi dan penanganan membantu petani yang menjadi korban dari banjir tersebut.

Juliansyah, medorong agar pemerintah kabupaten melalui dinas teknis bisa turun tangan melakukan inventarisasi berapa hektare dan berapa potensi kerugian beras yang diproduksi apabila keseluruhan areal itu dinyatakan gagal panen.

Juliansyah mengakui pendataan itu harus dilakukan oleh tim teknis, apalagi itu berkaitan dengan cadangan pangan di daerah ini.

"Saya khawatir jika memang itu gagal panen maka berpengaruh kepada  tingkat cadangan pangan daerah. Kalau mendengar informasi yang beredar  areal pertanian itu sangat luas, apalagi katanya ada kerugian materil akibat itu mencapai miliaran rupiah. Artinya ini tidak main-main ini sudah bisa diklasifikasikan sebagai sebuah kejadian yang tidak biasa dan harus ditangani pemerintah juga secara cepat,” tegasnya.

Ia juga menyebutkan apabila nantinya memang sudah diketahui data pasti maka pemerintah harus membantu petani itu, apakah nantinya dengan bantuan bibit, pupuk hingga modal kepada mereka tersebut.

“Paling tidak  pemerintah bisa bantu mereka seperti bibit lagi, atau pupuk supaya mereka bisa bergairah dan bangkit lagi untuk menjadi petani yang produktif. Karena petani itu pada prinsipnya merupakan penyangga daerah dan bangsa ini,”tandasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru