Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku UMKM Masih Kesulitan Dapatkan SPP IRT

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Mei 2021 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa salah satu kendala perkembangan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM di Kalimantan Tengah ialah masih kesulitannya pelaku UMKM untuk mendapatkan  Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga atau SPP-IRT.

"Kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha UMKM adalah kesulitan untuk mendapatkan SPP-IRT, di antaranya ialah harus mendapatkan sertifikasi yang didahului dengan pelatihan yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten/Kota," kata Otto pada Jumat, 28 Mei 2021.

Jadwal pelaksanaan pelatihan dimaksud menurut Otto tidak dapat dilaksanakan setiap saat sementara SPP-IRT merupakan suatu proses quality control, sehingga masyarakat akan mendapatkan produk yang dapat dijamin keamanannya dari proses keamanan pangan sampai dengan proses olahan. 

Untuk membahas tersebut menurut Otto pihaknya telah melakukan Diskusi Proses Perizinan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, beberapa waktu lalu.

"Kita berharap, pertemuan dan diskusi tersebut bisa menjadi awal adanya solusi dalam mendorong dan membantu para pelaku UMKM/IKM agar bisa berkembangan dan mendapatkan kemudahan, khususnya pada sektor perizinan," tuturnya.

Otto juga menginformasikan bawah berdasarkan hasil pertemuan dengan pihak Garuda Indonesia Kantor Perwakilan Palangka Raya, terdapat kemudahan penawaran fasilitas ekspedisi melalui aplikasi “KirimAja” yang dimiliki oleh Garuda Indonesia, yaitu merupakan layanan pengiriman 

barang berbasis aplikasi digital dengan jangkauan pengiriman barang ke sejumlah destinasi penerbangan dengan harga yang sangat terjangkau. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru