Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gerdayak Gelorakan Gerakan Agroforesty dan Dukung Program Food Estate

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Mei 2021 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Organisasi Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) mengkampanyekan gerakan agroforesty dalam pengeolaan lahan pertanian, sekaligus mendukung program pemerintah yakni food estate. 

Agroforestry merupakan sistem penggunaan lahan (usahatani) yang mengombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian untuk meningkatkan keuntungan, baik secara ekonomis maupun lingkungan.

Terkait itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Gerdayak Indonesia, Yansen A Binti menilai sistem budidaya tanaman kehutanan yang dilakukan bersama dengan pertanian, perikanan, dan peternakan. Dan akan menjaga dan mencegah kekeringan serta erosi tanah.

Selain itu, ia meyakini akan membantu menjaga ekosistem. Mencegah terjadinya kelangkaan atau kepunahan keanekaragaman hayati, penurunan kesuburan tanah hingga perubahan iklim.

“Dengan semangat kesatuan dan persatuan mari kita sukseskan program food estate dengan menggunakan semangat agroforesty untuk menjaga keseimbangan lingkungan,” ajaknya.

Ia juga mengajak menggelorakan semangat membangun, berjuang menyejahterakan martabat serta keadilan bagi masyarakat Dayak. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru