Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Penumpang Dikembalikan ke Daerah Asal karena Masuk Kalteng tak Bawa Surat Negatif Covid-19

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Mei 2021 - 15:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dua penumpang kapal berasal dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur nekat masuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah (Kalteng) tanpa membawa surat keterangan hasil Swab negatif Covid-19 terpaksa dikembalikan ke daerah asalnya.

Kedua penumpang ini diketahui oleh petugas setelah melalui proses pemeriksaan ketat yang dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Sabtu, 29 Mei 2021.

Geger Suharmono selaku Tim Satgas Covid-19 Pelabuhan Panglima Utar Kumai menyampaikan telah sandar dua kapal yang masuk ke Pelabuhan Panglima Utar Kumai dengan jumlah penumpang 614 , yaitu Kapal Satya Kencana III 152 orang penumpang dan Dharma Rucitra 9 sebanyak 462 orang penumpang.

"Dari penumpang kapal Satya Kencana III ditemukan dua orang penumpang yang tidak membawa dokumen hasil pemeriksaan Covid-19. Sesuai dengan SOP dan pelaksanaan Satgas, terpaksa penumpang kita kembalikan ke kapal dan dibawa kembali ke asal pelabuhan penumpang yang berangkat tadi," ujarnya.

Dia menyampaikan berdasarkan hasil pemeriksaan petugas bahwa dua penumpang ini yang bekerja sebagai buruh bangunan mengaku tidak mengetahui syarat masuk ke Kalteng.

"Kalau berdasarkan pengakuan keduanya, mereka tidak tau kalau masuk ke Kalteng harus membawa Tes Swab RT-PCR dengan keterangan negatif Covid-19," jelasnya.

Hingga kini Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kabupaten Kobar masih dipadati arus balik penumpang dari Pulau Jawa, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pelabuhan Panglima Utar Kumai, memeriksa ketat setiap penumpang kapal laut yang datang dari luar daerah.

Satu persatu penumpang kapal diperiksa, mulai dari suhu tubuh badan, penggunaan masker dan keterangan hasil swab RT-PCR ketrangan negatif sebagai syarat masuk ke Kalteng. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru