Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wah, Kantor Desa Dibangun Gedung Walet

  • Oleh Naco
  • 31 Mei 2021 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setelah sebelumnya Kantor Desa Kenyala, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur disegel oleh warga kini di bangunan pemerintahan desa itu, kini dibangun gedung sarang burung Walet. 

Bangunan ini dimiliki seseorang yang kabarnya warga setempat. Posisinya persis berada di dalam pagar areal bangunan desa.

Kepala Desa Kenyala, Sahewan membenarkan hal tersebut. Ia mengakui ada sekelompok pihak yang kini mengklaim dan membangun  gedung walet di tanah desa itu. 

Sahewan merasa tidak pernah sama sekali memberikan izin untuk memanfaatkan lahan desa itu kepada siapapun.

“Kami juga tidak paham kenapa bisa demikian. Padahal itu tanah desa yang dimiliki pemerintah desa dan kami pemerintah desa tidak pernah memberikan izin pemanfaatan itu,” kata Sahewan.

Ia juga mengaku terkejut dengan ulah oknum tersebut. Bahkan kondisi terkini mereka laporkan ke bupati.

“Saya sudah lapor ke Pak Bupati terkait persoalan itu, karena ini adalah tanah desa jadi wajar kami sampaikan kepada Bupati sebagai pimpinan daerah ini,” kata Sahewan.

Bangunan walet permanen ini kini tengah dibangun dengan kontruksi beton dan ulin. Tidak diketahui persis berapa ukuran bangunan tersebut, namun nilai bangunan jika sampai tuntas diperkirakan menelan dana ratusan juta rupiah.

“Posisinya dalam pagar tanah desa dan komplek kantor desa, makanya saya tidak habis pikir dengan ulah demikian. Padahal kalau memang tanah itu merasa mereka memilikinya kenapa tidak di gugat secara keperdataan di pengadilan bukan dengan cara-cara yang demikian," tukas Sahewan.

Selain itu juga mereka sudah melapor ke Polres Kotim terkait hal itu, laporan dugaan penyerobotan atas tanah desa itu mereka sampaikan secara langsung, dan mereka berharap laporan itu ditindaklanjuti. (NACO/B-5)

Berita Terbaru