Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Setengah Hektare Terbakar di Desa Tapen Raya

  • Oleh Ramadani
  • 06 Juni 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Babinsa Koramil 1013-01 Kandui, Serda Julianto yang selalu memonitoring aplikasi hotspot Lapan dan memberitahukan adanya titik hotspot dan mengecek atau verifikasi ke lokasi koordinat N 1° 29' 12"  E 101° 14' 54" di Desa Tapen Raya, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Minggu 6 Juni 2021.

Setelah ditelusuri titik api ini berada di wilayah Desa Tapen Raya, Kecamatan Gunung Timang dengan jarak kurang lebih 30 kilo meter dari Koramil.

Serda Julianto yang saat itu memimpin tim melaporkan bahwa setelah pihaknya melakukan kroscek di titik koordinat hanya menemukan areal bekas kebakaran lahan kurang lebih 0,5 hektare.

“Indikasinya ini kemungkinan adanya keteledoran membuang puntung rokok sembarangan yang menyebabkan api menjalar,” katanya.

Namun pihaknya terus melaksanakan pemantauan untuk memastikan api benar-benar padam karena merupakan areal tersebut ditumbuhi vegetasi rumput, ilalang, dan semak belukar, sehingga apabila ditiup angin sangat mudah terbakar.

Oleh karenanya Danramil 1013-01 Kandui Kapten Kav Sarna menekankan kepada para Babinsa sesuai perintah dari komando atas harus selalu peka terhadap bahaya Karhutla agar tidak terjadi di wilayah binaannya.

"Laksanakan sosialisasi di semua lini baik melalui pertemuan dalam kegiatan keagamaan di sekolah-sekolah, harap dihimbaukan juga agar tidak membakar lahan ataupun hutan dan lakukan patroli Karhutla, hal ini adalah tindakan pencegahan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru