Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla Bisa Dicegah Jika Sosialisasi Tepat Sasaran, Kata Ketua DPRD Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 09 Juni 2021 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto menilai persoalan karhutla dapat dicegah jika sosialisasi dari pemerintah kepada seluruh elemen masyarakat tepat sasaran.

“Masyarakat perlu diberikan pemahaman secara berkelanjutan mengenai bencana kebakaran hutan dan lahan dengan pendekatan secara sosial yang tepat sasaran," katanya, Rabu 9 Juni 2021.

Masyarakat perlu informasi akan bahaya serta dampak negatif dan efek samping dari karhutla. Misalnya bagaimana besarnya kerugian yang dialami apabila karhutla sampai merusak lingkungan hingga kesehatan.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pemerintah daerah bersama dengan satgas penanggulangan karhutla wajib memiliki perlengkapan serta personil yang cukup memadai dalam melakukan sosialisasi.

"Ketegasan aturan serta informasi atas kegiatan membakar lahan mana yang masih bisa di toleransi, haruslah diinformasikan agar tak ada kerancuan di masyarakat," jelasnya.

Menurutnya sosialisasi hendaknya dilakukan sedini mungkin, karena akan lebih efektif dirasakan apabila pendekatan kepada masyarakat dilakukan bukan pada saat telah memasuki kemarau. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru