Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Usulkan Pembangunan 3 Pelabuhan

  • Oleh Hendri
  • 10 Juni 2021 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya mengajukan bantuan pembangunan tiga pelabuhan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Lokasi yang kita mohonkan untuk dibangun oleh Kemenhub yakni Pelabuhan Tangkiling, Pelabuhan Rambang dan Pelabuhan Tanjung Pinang," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan, Kamis, 10 Juni 2021.

Alman mengatakan, pengajuan pembangunan tiga pelabuhan itu disampaikan oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat bertemu Dirjen di Kementerian Perhubungan.

"Kami berharap pembangunan itu dapat segera direalisasikan. Bentuk pembangunan dan penataannya termasuk nilai anggaran nanti sepenuhnya di serahkan ke Kementerian Perhubungan," jelasnya.

Menurutnya, pembangunan tiga pelabuhan tersebut akan mampu menopang kehidupan masyarakat serta meramaikan jalur transportasi sungai.

"Kita ambil contoh di Pelabuhan Tangkiling. Di sana menjadi salah satu titik transportasi sungai. Lebih jauh kita berharap nantinya juga dapat menopang program food estate yang ada di Kabupaten Gunung Mas," ungkapnya.

Selain itu, Pelabuhan Tangkiling juga merupakan akses masyarakat dan wisatawan yang akan mengunjungi Pulau Kaja sebagai salah satu pusat rehabilitas orangutan.

Selanjutnya, Pelabuhan Rambang yang lokasinya berada di Pusat Kota Palangka Raya merupakan pelabuhan paling aktif dan paling ramai aktivitas bongkar muat barang.

Pelabuhan Rambang oleh masyarakat juga dimanfaatkan menjadi salah satu objek wisata bagi warga sekitar untuk menikmati suasana Sungai Kahayan di pagi dan sore hari.

"Untuk itu pembangunan tiga pelabuhan juga akan meningkatkan sektor pariwisata di wilayah Kota Palangka Raya yang diketahui pesona wisata didominasi nuansa alam," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru