Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Jadi Kutaringin ke-418, Bupati Kobar Ajak Masyarakat Jaga dan Lestarikan Situs Budaya

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Juni 2021 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berlangsung dengan sederhana dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah, mengikuti acara peringatan hari jadi Kutaringin ke 418, di Aula Kecamatan Kotawaringin Lama pada Jumat, 11 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Nurhidayah mengucapkan selamat hari jadi Kutaringin ke- 418 kepada seluruh masyarakat kabupaten Kotawaringin Barat khususnya masyarakat kecamatan Kotawaringin lama. Ia mengajak masyarakat untuk mewaranai Kecamatan Kotawaringin Lama dengan mengimplementasikan pengembangan budaya lokal, sebagai alat pemersatu dalam kehidupan bermasyarakat sebagai penyangga budaya nasional yang dinamis.

"Hal tersebut sejalan dengan misi pembangunan kita, yaitu melestarikan situs budaya kesenian lokal dan budaya masyarakat lainnya, guna meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Nurhidayah.

Nurhidayah pun mengajak masyarakat Kobar agar senantiasa bersyukur, karena Kobar telah diberi wilayah yang kaya akan potensi dengan warisan sejarah dan budayanya, yang kemudian diperkaya dengan adanya akulturasi budaya. Namun ia berharap akulturasi budaya tersebut tidak menghilangkan ciri khas budaya lokal di Kotawaringin Barat.

Bupati mengungkapkan, bahwa pelaksanaan peringatan hari jadi Kutaringin ke 418 ini, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Alla dan juga ucapan terima kasih kita kepada para pendiri Kutaringin dan pendahulu, karena ini tidak terlepas dari sejarah dan perkembangan kerajaan Kutaringin yang merupakan satu - satunya kerajaan yang ada di Kalimantan Tengah, serta merupakan cikal bakal pemerintahan pada saat itu, hingga terbentuknya Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Semoga jasa para pendiri Kutaringin dan pendahulunya dapat menjadi amal ibadah serta mendapat tempat yang layak di sisi Allah," doanya.

Bupati perempuan pertama di Kalteng tersebut menyebutkan, bahwa peringatan hari jadi Kutaringin ke- 418 ini, tidak dapat dilaksanakan seperti tahun - tahun sebelumnya, karen dampak pandemi Covid-19.

"Ibu berharap dengan peringatan yang sederhana ini, tidak mengurangi rasa khidmat dalam memaknai peringatan hari jadi Kutaringin kita cintai ini," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Kotawaringin Lama khususnya dan Kotawaringin Barat seluruhnya, untuk selalu mentaati peraturan kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta senantiasa menjaga kebersamaan, solidaritas antar warga menghadapi situasi terkini.

"Kita terus berupaya agar kabupaten Kotawaringin Barat segera melewati masa pandemi ini, sehingga masyarakat bisa berkegiatan normal kembali," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru