Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Seruyan Lakukan Mediasi Permasalahan Sengketa Lahan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 18 Juni 2021 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang -  Pemerintah Kabupaten Seruyan menggelar rapat mediasi permasalahan sengketa lahan  antara warga dengan PT Selonok Ladang Mas.

 Rapat mediasi dipimpin Bupati Seruyan Yulhaidir,  dengan menghadirkan warga dan PT Selonok Ladang Mas, bertempat di pendopo rujab Bupati Seruyan, Jumat, 18 Juni 2021.

 Dalam rapat mediasi ini, turut hadir Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan  Djainu’ddin Noor dan SKPD terkait.

 Dalam arahannya Bupati Seruyan  menyampaikan,  pemerintah daerah telah berkomitmen menyelesaikan setiap permasalahan warga  termasuk dalam  permasalahan pertanahan atau  sengketa lahan.

 ”Kita harus mencari jalan tengah dari permasalahan ini, dengan adanya mediasi ini apa yang menjadi persoalan agar  dapat dicarikan penyelesaiannya, sehingga tidak ada lagi konflik dikemudian hari,” harapnya.

Untuk itu, Bupati langsung menugaskan tim dari pemerintah daerah terdiri  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Seruyan dan Bagian Perekonomian Setda serta instansi terkait untuk mengecek langsung kelapangan.

 “Tujuan turun kelapanga untuk mencocokan data baik dari keterangan yang sudah didapat maupun fakta di lapangan sebenarnya. Apabila di situ ada kerugian masyarakat, perusahaan  harus siapkan ganti rugi,” ungkapnya.

 Selain itu, ia meminta agar permasalahan sengketa lahan ini,  jangan sampai menimbulkan gesekan atau konflik di dua belah pihak dan meminta penyelesaian dengan mengutamakan musyawarah mufakat. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru